Puncak kekacauan lalu lintas Jakarta eksodus massal di Indonesia
Wednesday, October 30, 2013
Menurut Kepolisian Negara Republik Indonesia Korps Lalu Lintas (Korlantas Polri) 77.755.658 sepeda motor secara resmi terdaftar pada tahun 2012 menyiratkan tingkat pertumbuhan 12% dibandingkan 2011. 94.229.299 kendaraan terdaftar secara total, karena 82,4% dari semua kendaraan yang terdaftar adalah sepeda motor.
Harap diperhatikan: Angka-angka ini hanya mengambil kendaraan terdaftar ke rekening (!).
lain stat yang menarik:
Sebuah studi yang dilakukan oleh unit pengiriman presiden menemukan bahwa 474 mobil baru dan 2.946 sepeda motor bergabung dengan kekacauan lalu lintas Jakarta setiap hari, sehingga total menjadi sekitar 14,4 juta mobil dan sepeda motor di jalan-jalan Jakarta dan kota-kota satelitnya.
Jakarta, KompasOtomotif - Jalanan Indonesia semakin padat! Bukan hanya di kota-kota besar, juga ke pelosok. Penambahan jumlah kendaraan bermotor sepanjang tahun lalu mencapai 10,036 juta unit. Mengakibatkan populasi kendaraan bermotor yang tercatat pada kepolisian naik 12 persen menjadi 94,229 juta unit dibandingkan periode tahun sebelumnya (2011) hanya 84,19 juta unit.
Menurut data terakhir Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri), selama 2012, pertambahan terbanyak adalah mobil pribadi dan sepeda motor, masing-masing 12 persen. Sepeda motor baru yang dibeli konsumen pada tahun lalu mencapai 8.551.047 unit. Sedangkan mobil pribadi baru yang dicatat kepolisian mencapai 984.314 unit.
Sepeda motor jumlahnya 77,7 juta unit atau 82,4 persen. Mobil pribadi 9,5 juta unit atau 10 persen, disusul mobil barang, bus dan kendaraan khusus.
"Sepeda motor masih menjadi andalan utama dan paling terjangkau bagi mayoritas masyarakat Indonesia," tegas Gunadi Sindhuwinata, Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) di Jakarta, kemarin (5/2/2013).
Jumlah Kendaraan Bermotor di Indonesia
No
Jenis
Tahun
Pertumbuhan
2011
2012
1
Mobil penumpang
8.540.352
9.524.666
12%
2
Bus
1.920.038
1.945.288
1%
3
Kendaraan
4.257.381
4.723.315
11%
4
Sepeda motor
69.204.675
77.755.658
12%
5
Ransus
270.611
280.372
4%
Jumlah
84.193.057
94.229.299
12%
Sumber: Kakorlantas Polri
Editor : Zulkifli BJ
(Reuters Life!) - Kekacauan lalu lintas Jakarta minggu ini akan membangun ke crescendo sebagai jutaan kepala orang Indonesia pulang ke desa mereka untuk merayakan akhir bulan puasa, balik modal menjadi kota hantu dengan akhir pekan.
Massa Eksodus - 2,2 juta dari populasi 9,6 juta diperkirakan akan meninggalkan Jakarta pekan ini - menyoroti banyak ibukota kekurangan dalam hal manajemen lalu lintas. Lalu lintas bahkan lebih buruk daripada biasanya karena keluarga tumpukan barang-barang dan hadiah mereka untuk kerabat, berebut naik sepeda motor, kereta api, mobil dan bus, dan kepala off.
Pemerintah dan lainnya termasuk kantor bursa efek, bank sentral dan banyak bisnis sektor swasta dekat dari hari Rabu atau Kamis hingga Senin karena begitu sedikit staf akan berada di sekitar itu tidak layak tetap terbuka.
Kemacetan lalu lintas harian Jakarta biaya 12,8 triliun rupiah (1,4 milyar) per tahun di terbuang bensin, masalah kesehatan, dan produktivitas rendah. Meningkatnya pendapatan telah didukung pertumbuhan yang stabil dalam sepeda motor dan kepemilikan mobil yang ekonom memprediksi akan membawa lalu lintas ke berhenti lengkap pada tahun 2012 jika pemerintah kota tidak segera bertindak.
Bahkan tanpa kekacauan tambahan dari Idul Fitri eksodus, kecepatan rata-rata mobil di Jakarta hanya 8,3 km per jam (5,2 mph), menurut satuan pengiriman presiden, yang diisi dengan memilah infrastruktur dan masalah lain yang mendesak .
Sebaliknya, di London, waktu tempuh rata-rata seseorang adalah 4 menit dan tujuh detik per mil, atau sekitar 15 mil per jam.
"Ini hanya bisa ditolerir," kata Yopie Hidayat, juru bicara Wakil Presiden Boediono.
"Jika tidak ada terobosan drastis, kemacetan di Jakarta akan benar-benar keluar dari tangan dan pada tahun 2012 kita bisa menghadapi kemacetan keseluruhan," tambahnya.
Hidayat mengatakan kemacetan lalu lintas Jakarta yang tidak dapat dihindari karena jumlah kendaraan meningkat pada kecepatan yang jauh lebih tinggi daripada jalan baru yang dibangun.
Sebuah studi yang dilakukan oleh unit pengiriman presiden menemukan bahwa 474 mobil baru dan 2.946 sepeda motor bergabung dengan kekacauan lalu lintas Jakarta setiap hari, sehingga total menjadi sekitar 14,4 juta mobil dan sepeda motor di jalan-jalan Jakarta dan kota-kota satelitnya.
Sekarang pemerintah telah mengusulkan 17 langkah untuk mengurangi arus lalu lintas termasuk pembangunan enam jalan layang mencakup kota, sistem Mass Rapid Transport, review peraturan parkir pinggir jalan dan jalan sistem harga elektronik seperti yang di London dan Singapura.
Tentu saja banyak warga Jakarta yang sangat skeptis apakah proposal tersebut akan diperkenalkan dalam waktu - atau akan efektif. Sebuah monorel diusulkan tahun yang lalu dan semua yang ada sekarang adalah pilar beton yang menambah, bukan mengurangi, kemacetan lalu lintas.
Road pricing juga sangat dipertanyakan di negara seperti Indonesia di mana penegakan hukum lemah atau tidak ada dan di mana polisi lalu lintas yang mudah disuap untuk melihat ke arah lain.
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menyarankan ide lain - jika Anda tidak bisa menyingkirkan lalu lintas, meninggalkannya. Dia telah mengusulkan untuk memindahkan ibukota gantinya.
Tapi datang akhir pekan ini, mereka yang ditinggalkan pada akhirnya akan dapat menikmati Jakarta jauh lebih padat, dikosongkan dari banyak penduduknya, tenang, dan hanya beberapa hari, relatif bebas lalu lintas.
Mohon menjaga diskusi yang sehat dan tidak mengeluarkan komentar yang berbau SARA. Ingat IP address Anda direkam!
Dan Kami tidak bertanggung jawab atas komentar anda.
PEDOMAN KOMENTAR Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam akan Admin HAPUS.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. INGAT IP Anda terekam di Server yang Kami Rekam Di Blog Ini.
Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Link web tidak di bolehkan